Cara Melakukan Optimasi SEO OnPage

Cara Melakukan Optimasi SEO On Page Pada Blog – Dalam pengoptimalan SEO atau Search Engine Optimization ada 2 faktor pembangun, yaitu SEO Onpage Optimization dan Off page Optimization. Untuk menjadi juara pertama di Google pasti semua faktor harus terpenuhi.

Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage Pada Blog

1. Gunakan Template yang SEO Friendly
Hal ini sangat penting bagi blogger untuk mengoptimasi on page blog dengan cara menggunakan template SEO Friendly. Jika anda belum punya template yang SEO Friendly silahkan download Template SEO Friendly. Tapi ingat, jika anda terlalu sering mengganti template ada kemungkinan widget akan rusak dan template kacau balau, lebih parahnya mungkin akan memperburuk hasil pada SERP.

2. Pasang Breadcrumbs dan Artikel Terkait
Hal ini juga penting, selain untuk mempermudah navigasi para visitors atau pengunjung, juga akan membuat template anda menjadi lebih SEO Friendly.

3. Daftarkan Website Kesayangan Anda pada Feedburner

4. Gunakan Dynamic Heading
Jangan lupa setting heading atau tag artikel website anda dengan baik, misalnya H1 untuk judul blog, H2 untuk judul artikel, H3 untuk judul widget. Yang terpenting adalah H1 dan H2.

5. Pilih Judul Postingan atau Artikel
Buatlah judul postingan yang sedang hangat / ramai dibicarakan atau trend. Jika anda tidak yakin menang pada persaingan search engine untuk keyword yang pendek atau short tail keyword gunakanlah long tail keyword.

6. Pastikan struktur template artikel berada di bagian kiri layar dan sidebar berada pada bagian kanan. Jika terpaksa menggunakan sidebar kiri pastikan sifatnya mengandung kata kunci dan cenderung statis atau tidak berubah lagi komposisinya.

7. Pastikan website anda mempunyai title tag dan meta description yang berbeda di setiap halaman. Selain itu meta tag yang SEO Friendly juga sangat berguna untuk meningkatkan dan mendapatkan hasil SERP yang memuaskan.

8. Daftarkan website anda pada Google Webmaster Tools dan Google Analytics dan pasangkan kode verifikasi kedua tools ini pada website anda. Dan submit sitemap pada Google Webmaster.

9. Jika ada gambar yang anda gunakan maka pastikan menggunakan alt tag

10. Pastikan website anda bebas dari iframe, script yang dihost pada hosting luar, dan flash element.

11. Letakan link yang menuju homepage anda yang mengandung kata kunci utama dari website anda pada bagian akhir template anda.

12. Usahakan tidak memasang link menuju website atau website lain jika tidak benar-benar perlu. Ingat masalah besar itu dimulai dari hal yang kecil.

13. Pastikan memasang widget seperti Archive, Top Posts, atau Labels, karena widget ini akan membantu menyebarkan poin pagerank anda saat mulai melakukan proses optimisasi off page.

14. Kata kunci atau Keyword
Untuk membantu membangkitkan peringkat artikel anda oleh mesin pencari, anda dapat menandai kata kata yang anda anggap keyword dengan lebih menebalkan kata kata tersebut. Sehingga memberi tanda kepada mesin pencari bahwa kata tersebut merupakan sesuatu yang penting. Jangan mengulang kata kata yang dianggap sebagai kata kunci terlalu banyak. Sebaiknya lakukan pengulangan hanya berkisar 4-5 kali saja dalam suatu artikel.

jika anda malas atau tidak punya waktu untuk melakukan hal-hal diatas,anda dapat menghubungi perusahaan jasa SEO sepeti Tata Warna,untuk lebih jelasnya silakan kunjungi www.tatawarna.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s